Thursday, February 25, 2016

Resensi Buku : Mengukur Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan



IDENTITAS BUKU

Judul Buku      :  Mengukur Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan
Penulis             :  Indra Maipita
Editor              :  Fitrawaty, S.E., M.Si.
Penerbit           :  UPP STIM YKPN
Tahun Terbit    :  2014
Cetakan           :  Edisi I, Yogyakarta Maret 2014
Tebal               :  xv + 262 Halaman
ISBN               :  978-979-3532-90-5
Kategori Buku            :  Ekonomi


ULASAN BUKU

            Kemiskinan adalah isu yang tidak pernah habis untuk dibahas dikarenakan kemiskinan adalah sebuah fenomena dan realitas yang terjadi di sekitar kita. Banyak buku yang gencar membahas isu kemiskinan sebagai topik utama. Tak terkecuali buku yang berjudul “Mengukur Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan”. Meski konteks kemiskinan tergolong kompleks, namun buku ini mampu menyita perhatian siapa pun yang membacanya karena disusun secara sistematik, mulai dari konsep kemiskinan hingga membahas berbagai kebijakan untuk memerangi kemiskinan. Pembaca tidak digiring dengan konsep dan definisi kemiskinan yang rumit, namun berorientasi pada pengetahuan umum seputar kemiskinan. Buku ini menjabarkan jenis-jenis kemiskinan ditinjau dari berbagai perspektif sehingga akan membuka wawasan dan pengetahuan bagi siapa pun yang membaca, meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan sarjana ekonomi. Secara keseluruhan buku termasuk lengkap, mulai dari konsep dan pengertian, penetapan garis kemiskinan dan jenisnya, penyebab dan dampak kemiskinan, perangkap kemiskinan, cara mengukur, hunbungan pembangunan ekonomi terhadap kemiskinan dan ketimpangan distribusi, serta kapan suatu pertumbuhan ekonomi disebut pro-poor.

Buku diawali dengan Bab I Pendahuluan yang menggiring pembaca pada polemik seputar kemiskinan, pertanyaan atau isu-isu penting terkait kemiskinan serta penjelasan per bab yang berisi ringkasan materi yang ditulis dalam bab-bab tersebut. Buku ini ditulis dalam 10 bab yang saling berkaitan satu dengan yang lain sehingga pembaca disarankan untuk membaca keseluruhan bab agar memperoleh pemahaman komprehensif mengenai kemiskinan. Rumus atau formula yang disajikan bertujuan untuk membuktikan konsep dan teori yang dijabarkan.
 
            Ide dasar dari buku ini berasal dari hasil-hasil penelitian Strategis Nasional (STRANAS) yang telah dimenangkan oleh sang penulis semenjak tahun 2009 hingga tahun 2013 dari DP2M Dikti. Penulis adalah dosen pada Universitas Negeri Medan dan mengajar pada Fakultas Ekonomi dan Program Pascasarjana. Beberapa kali penulis menjadi dosen berprestasi dan dosen sebagai peneliti terbaik di universitas tersebut, yang berarti bahwa penulis telah teruji kompetensinya dari segi penguasaan teori dan terapannya. Selain itu, penulis juga  menjadi anggota masyarakat bidang ilmu, seperti Royal Economics Society-RES, pernah menjadi Short Term Consultant di Bank Dunia cabang Jakarta dan menulis di beberapa jurnal dan surat kabar serta mengelola beberapa jurnal. Pengalaman mengajar penulis sekaligus keaktifannya dalam melakukan berbagai penelitian seperti penelitian Strategi nasional (Stranas) rupanya sangat membantu dalam menjabarkan contoh-contoh kasus dan pola kemiskinan yang terjadi serta cara optimal untuk mengatasinya.

Meski buku ini menggunakan istilah-istilah ilmiah, namun penulis mampu menjabarkannya dengan kata-kata menarik, lugas dan jelas. Buku ini memiliki bahasa yang bersifat koheren, efektif dan sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Bahkan tata bahasa dalam buku tidak terkesan kaku atau formal karena penulis menyusunnya dengan paragraf demi paragraf. Setiap topik terkait kemiskinan disusun per bab sehingga tidak akan membingungkan serta dilengkapi gambar dan tabel yang sangat mendukung materi setiap bab. Data-data yang disajikan menggunakan grafik yang saya rasa tepat penggunaannya dan informatif. Selain itu, berbagai metode kebijakan yang ditujukan untuk mengurangi kemiskinan ditulis dengan detail dan mutakhir (update) sekaligus dengan berbagai kajian pengurangan kemiskinan. Buku ini wajib dibaca sebagai referensi bagi mahasiswa tingkat sarjana (semester akhir) yang mendalami tentang kemiskinan, mahasiswa pascasarjana, seseorang yang tertarik dalam ilmu ekonomi maupun orang-orang yang berkecimpung dalam pemerintahan, termasuk decision maker atau pengambil kebijakan bidang kemiskinan.
           
            Fitrawaty yang menjadi editor buku ini sepertinya sangat memahami esensi yang ingin disampaikan oleh penulis sehingga hasil editing materi tergolong rapi dan menggunakan bahasa baku yang fleksibel dengan tidak menghilangkan “istilah-istilah keilmuan”. Penulis juga menyertakan teori kemiskinan dari berbagai pakar dan studi pustaka. Dari sisi cover buku dirasa menarik meski tidak berwarna-warni dan memiliki gambar. Untuk lay out tergolong sederhana, rapi, dan terdapat spasi untuk memisahkan narasi dari satu paragraf ke paragraf lainnya. Secara umum, tampilan buku cukup menarik.

            Hal yang paling menarik tentang konten dalam buku ini adalah keragaman sumber pustaka yang saling melengkapi dalam memperkuat teori dan konsep terkait kemiskinan. Semua teori yang termuat dalam buku-buku yang dijadikan sumber referensi oleh penulis memiliki sinergi dalam membangun pengertian lebih mendalam mengenai berbagai metode dalam mengukur kemiskinan dan distribusi pendapatan. Pada hakekatnya, teori-teori yang dimuat dapat digunakan sebagai bahan rujukan dalam penyusunan skripsi maupun tesis. Buku ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber kajian oleh peneliti, pengamat dan pemerhati kemiskinan. Menariknya lagi, penulis menampilkan simulasi kebijakan fiskal untuk mengukur sejauh mana dampak kebijakan tersebut terhadap kemiskinan dan distribusi pendapatan yang merupakan suatu kajian empiris yang dilakukan oleh penulis. Hasil kajian ini dapat diimplementasikan oleh pemerintah daerah sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja makro ekonomi yang bermuara pada penurunan kemiskinan.  

            Keunggulan utama buku ini terletak pada bahasa dan detail yang disusun cermat dan rapi. Topik kemiskinan yang “rumit” disuguhkan dengan komposisi kata-kata yang relatif dapat dimengerti dan terkesan jauh dari kompleksitas yang biasanya ditemukan pada buku-buku sejenis yang membahas kemiskinan. Nilai tambah buku ini tercermin juga dari sistematika penulisan yang memenuhi prinsip-prinsip keilmuan yang bersifat ilmiah. Kolaborasi yang apik antara penulis dan editor membuat eksistensi buku ini tetap terjaga dari bab awal hingga bab akhir. Sepertinya baik penulis maupun editor menyadari pentingnya menggugah minat baca bagi siapa pun sejak pertama kali membaca judul dan bab pendahuluan.

            Meskipun buku ini memiliki sejumlah keunggulan, namun terdapat juga sedikit kekurangan. Kekurangan dalam buku ini adalah beberapa bab memuat narasi yang cukup panjang, seharusnya dapat dipisah menjadi beberapa paragraf agar memberi keleluasaan bagi pembaca untuk menelaah kalimat demi kalimat. Sebagai contoh pada Bab 10 “Kebijakan Fiskal : Dampaknya Terhadap Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan” memiliki beberapa uraian yang disusun dalam satu paragraf sehingga hal tersebut akan membosankan pembaca, khususnya yang masih awam dengan “kemiskinan”. Selain itu grafik-grafik yang tersaji tidak berwarna dan cenderung monoton. Monoton dikarenakan grafik-grafik tersebut terbatas pada jenisnya. Pemberian warna perlu dilakukan agar pembaca tidak bosan atau kurang berminat untuk meneruskan bacaannya, mengingat istilah-istilah terkait topik kemiskinan sudah cukup “berat”.

            Kesimpulannya, buku ini dapat menjadi bacaan wajib yang tidak seharusnya dilewatkan begitu saja oleh mahasiswa yang menyusun skripsi tentang topik kemiskinan, mahasiswa pascasarjana yang melakukan penelitian terkait kemiskinan, dan seseorang yang ingin memperdalam ilmu dan pengetahuan tentang kemiskinan. Konsep dan definisi disajikan secara komprehensif sehingga akan membuka cakrawala berpikir khususnya bagi orang-orang yang awam akan pengertian sejati dari “kemiskinan” dipandang dari sisi teori serta beberapa metode yang dapat dipergunakan untuk mengurangi kemiskinan. Penulis buku memiliki segudang pengalaman dalam penelitian sehingga mampu menuangkan setiap ide dan gagasan dengan terstruktur, jelas dan informatif. Buku ini terutama sangat penting untuk membantu seluruh pemangku kepentingan untuk lebih memahami, mendiagnosis dan memberikan solusi untuk mengurangi kemiskinan.

No comments:

Post a Comment